Wednesday, February 6, 2019

Hadapi Pemilu, Kemendagri Gelar Rakornas Bidang Kehumasan dan Hukum Se-Indonesia - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar mengumumkan pihaknya akan menggelar Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Bidang Kehumasan dan Hukum di jajaran pemerintah pusat maupun daerah yang digelar 11 Februari 2019 mendatang di Hotel Bidakara Jakarta.

Bahtiar mengatakan Rakornas diadakan untuk memantapkan sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 melalui penyebaran informasi yang sejuk kepada masyarakat.

“Rakornas itu akan melibatkan jajaran pemerintah daerah di bidang humas (hubungan masyarakat) dan hukum untuk memantapkan sinergitas antara pusat dan daerah dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019,” ucapnya kepada Tribunnews.com di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Menurut Bahtiar jajaran humas dan hukum di pemda dan pemerintah pusat wajib membantu penyelenggara Pemilu dalam mensukseskan pesat demokrasi lima tahunan itu.

Sesuai bidangnya, biro humas dan hukum diharapkan bisa memberi informasi yang menyejukkan kepada masyarakat terkait Pemilu.

“Termasuk penyebaran informasi sosialisasi, keamanan, ketertiban, kelancaran distribusi logistik Pemilu hingga antisipasi persoalan yang mungkin timbul dari penyelenggaraan Pemilu tersebut,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan peran penting biro humas dan hukum pemda dan pemerintah pusat untuk menetralisir dan meluruskan isu-isu simpang siur yang pasti akan berseliweran selama pra hingga pasca pelaksanaan Pemilu.

“Jajaran biro humas dan hukum harus merespon cepat serta menetralisir informasi-informasi yang berisi isu bogong, kebencian, fitnah, dan politisasi SARA yang bisa mengganggu Pemilu, sementara bagi biro hukum diharapkan bisa mengidentifikasi secara cepat isu-isu aktual yang mungkin bisa menggangu Pemilu 2019,” tegasnya.

Baca: KPK Tolak JC, Eni Tegaskan Bukan Pelaku Utama

Rakornas itu rencananya akan diikuti sekitar 1.400 pejabat eselon I Kemendagri, pejabat eselon I bidang humas dan hukum kementerian/lembaga di pemerintah pusat, pejabat eselon II bidang humas dan hukum di provinsi serta kabupaten/kota.

Kemendagri akan menghadirkan sejumlah ‘keynote speaker’ dalam acara itu seperti Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkominfo, Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Ketua Komisi II DPR RI, Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu, Sekjen Kemendagri, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Kepala Bidang Hukum Kemendagri, dan Kapuspen Kemendagri.

Let's block ads! (Why?)

Baca Di berikut nya http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/06/hadapi-pemilu-kemendagri-gelar-rakornas-bidang-kehumasan-dan-hukum-se-indonesia

No comments:

Post a Comment